<div style='background-color: none transparent;'></div>
Home » » Media Pembelajaran Sederhana

Media Pembelajaran Sederhana

:Marlin (Anggota Forum)

Salam semangat kawan-kawan guru. Kali ini saya ingin mengajak jalan-jalan ke excel untuk membuat media pembelajaran dengan menggunakan Ms.Excel, siapa tahu anda membutuhkan. Beberapa hari yang lalu, saya sedang bingung untuk buat media yang sederhana dan tidak membutuhkan biaya banyak. Kebetulan sekolah kami dilengkapi dengan perangkat ICT yang lumayan. Ada LCD, Laptop, dan Layar (tembok :-D).
lanjuuuut......
Setelah pusing 7 keliling dan menghabiskan secangkir kopi pahit, akhirnya ide membuat media pembelajaran dari Ms.Excel muncul tiba-tiba. Ide ini muncul setelah browsing dari internet dan membaca beberapa tutorial Ms.Excel dari para blogger yang telah lebih dulu tahu.

truss, untuk apa di postingkan lagi kalau sudah ada yang posting

Sekedar isi waktu gan....dari pada saya sekedar menghayal di depan laptop jadulku...hehehe

langsung gan...

Pertama, siapkan dulu permasalahan atau soal tes yang akan di tampilkan di hadapan siswa. Yang saya buat soal Multiple choice Bahasa Inggris seperti gambar di bawah ini

Model Soalnya terserah anda...essay atau MC yang jelas anda harus mempersiapkan jawabannya di sheet setelahnya. Misalnya saya menggunakan sheet 2 untuk jawaban "salah" dan sheet 3 untuk jawaban "benar". Seperti dalam gambar berikut.....

Setelah soal dan jawaban telah di buat, sekarang menghubungkan antara soal dan jawaban yang sudah tersedia. Misalkan pada soal pertama yang saya buat meminta untuk memilih jawaban yang paling benar (multiple choice)
1. Does Mrs.Amira buy the daily needs?
a. yes, she is
b. No, she isn't
c. Yes, she does
d. No, she doesn't

Jawaban yang benar adalah (misalkan) C otomatis jawaban lainnya salah. Agar siswa mengetahui bahwa jawabannya benar atau salah ketika mereka meng-klik salah satu jawaban diatas maka sebelumnya setiap jawaban diatas di setting agar terhubung ke sheet 2 dan 3 tempat jawaban benar atau salah. Cararanya, klik kanan pada mouse setiap jawaban diatas kemudian akan muncul menu pilihan, dan silahkan memilih hyperlink pada bagian bawah menu. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan sheet yang akan di jadikan link jawaban diatas, kemudian ok.

Lanjut.....

Sekarang anda tes soal 1 apakah jawabannya akan muncul jika meng-klik salah satu pilihan jawaban diatas.

Jika setiap jawaban memerlukan penjelasan, maka anda harus menambah empat sheet agar setiap jawaban pilihan diatas akan muncul dengan penjelasan jawaban yang sudah di buat.

Selamat mencoba.....semoga sukses selalu ;-)
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. MGMP BAHASA INGGRIS . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger